Kelebihan dan Kekurangan CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sikmaritim – Mencari pekerjaan adalah tahapan penting dalam kehidupan seseorang. Salah satu langkah awal dalam mencari pekerjaan adalah membuat CV (Curriculum Vitae) atau lamaran kerja. Biasanya, contoh cv lamaran kerja dibuat dengan menggunakan komputer dan dicetak, namun ada juga yang memilih untuk membuat CV lamaran kerja tulis tangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari CV lamaran kerja tulis tangan.

Kelebihan CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Personalitas yang lebih terasa

Salah satu kelebihan utama dari CV lamaran kerja tulis tangan adalah personalitas yang lebih terasa. CV yang ditulis dengan tangan memiliki sentuhan personal yang membuatnya lebih unik. Ini dapat memberikan kesan positif kepada perekrut, karena mereka dapat melihat bahwa Anda telah menghabiskan waktu dan usaha ekstra untuk membuat CV Anda.

Contoh: Sebagai seorang calon pekerja, Anda dapat menampilkan keahlian Anda dalam menulis tangan yang rapi dan teratur. Ini mencerminkan keterampilan yang berharga, seperti ketelitian dan kedisiplinan.

2. Menonjol di antara pelamar lain

Dalam dunia yang kompetitif, memiliki CV yang berbeda dapat membantu Anda menonjol di antara pelamar lain. Banyak orang menggunakan format CV yang sama, tetapi dengan CV lamaran kerja tulis tangan, Anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan kreativitas Anda. Anda dapat menggambarkan diri Anda dengan cara yang lebih unik, yang mungkin memikat perhatian perekrut.

Contoh: Anda dapat menambahkan sentuhan seni pada CV Anda dengan menggambar atau menambahkan ilustrasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di industri kreatif, Anda dapat menambahkan beberapa sketsa karya seni Anda.

Baca juga:   Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Menikmati Lagu yang Anda Download

3. Kesan personal yang kuat

CV lamaran kerja tulis tangan juga dapat membantu Anda menciptakan koneksi emosional dengan perekrut. Ketika seseorang melihat CV Anda yang ditulis dengan tangan, mereka mungkin merasa lebih dekat dengan Anda secara emosional. Ini dapat membantu Anda membangun koneksi yang lebih kuat dengan perekrut, yang dapat menguntungkan Anda dalam proses seleksi.

Contoh: Dalam surat pengantar Anda, Anda dapat menulis dengan tangan tentang alasan Anda tertarik pada perusahaan dan bagaimana Anda merasa cocok dengan budaya perusahaan mereka. Ini dapat menciptakan kesan yang lebih pribadi dan meyakinkan.

Kekurangan CV Lamaran Kerja Tulis Tangan

1. Sulit dibaca

Salah satu kekurangan utama dari CV lamaran kerja tulis tangan adalah sulitnya dibaca. Tidak semua orang memiliki tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca. Jika tulisan tangan Anda buruk atau sulit dibaca, CV Anda mungkin tidak memberikan kesan yang baik kepada perekrut.

Contoh: Jika perekrut kesulitan membaca CV Anda, mereka mungkin akan kehilangan informasi penting tentang kualifikasi Anda, yang dapat merugikan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Kurang profesional

Meskipun CV lamaran kerja tulis tangan dapat memberikan sentuhan personal, namun terkadang terlihat kurang profesional. Dalam beberapa industri atau perusahaan, kesan profesionalitas sangat penting, dan CV yang ditulis tangan mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi tersebut.

Contoh: Dalam bidang keuangan atau hukum, di mana ketelitian dan profesionalitas sangat penting, CV lamaran kerja tulis tangan mungkin kurang sesuai.

3. Susceptible terhadap kesalahan

CV yang ditulis dengan tangan juga rentan terhadap kesalahan. Anda dapat membuat kesalahan penulisan atau tata bahasa yang tidak terdeteksi ketika Anda menulis dengan tangan. Ini dapat merusak kesan Anda pada perekrut.

Baca juga:   Fitur-fitur Tersembunyi YouTube Downloader yang Wajib Anda Ketahui

Contoh: Kesalahan penulisan yang mungkin terjadi, seperti pengejaan yang salah atau kesalahan dalam tanggal, dapat mengganggu perekrut dan menciptakan keraguan tentang kemampuan Anda.

Membuat CV lamaran kerja tulis tangan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kelebihannya adalah sentuhan personal yang kuat, kemampuan untuk menonjol di antara pelamar lain, dan kemampuan untuk menciptakan koneksi emosional dengan perekrut. Namun, kekurangannya adalah sulit dibaca, kurang profesional, dan rentan terhadap kesalahan. Pilihan untuk menggunakan CV lamaran kerja tulis tangan atau yang dicetak melalui komputer harus didasarkan pada pekerjaan yang Anda lamar dan industri tempat Anda melamar. Penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi perekrut serta menyesuaikan CV Anda sesuai dengan situasi.

Sumber: Kabar Pos

Tinggalkan komentar